Senin, 13 Juni 2016

KEUNGGULAN JURUSAN PSIKOLOGI

A. Sejarah Fakultas Psikologi UMM

Program studi Psikologi didirikan pada tahun 1985 sebagai salah satu program/jurusan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. 1 tahun kemudian program studi ini menjadi Fakultas tersendiri dan memperoleh status TERDAFTAR dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 28 Juli 1986. Tanggal ini ditetapkan sebagai berdirinya Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi tidak lagi memiliki jurusan-jurusan dan hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi. Sehubungan dengan ketentuan ini, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Programs Studi Psikologi dengan peminatan :
(1) Psikologi Industri dan Organisasi,
(2) Psikologi Pendidikan,
(3) Psikologi Perkembangan,
(4) Psikologi Sosial,
(5) Psikologi Klinis
(6)Psikodiagnostik

B. Keunggulan Fakultas Psikologi UMM

Kurikulum Fakultas Psikologi UMM tidak hanya didisain agar mahasiswa menguasai teori namun juga bagaimana mengaplikasikannya. Berbagai laboratorium seperti Lab. Konseling untuk belajar melakukan konseling; Lab. Eksperimen Psikologi untuk aplikasi bidang ilmu; Lab. Psikodiagnostik untuk belajar mengadminitrasikan berbagai alat tes; Lab. Wawancara dan Observasi untuk  melatih kepekaan mahasiswa dalam praktek wawancara dan observasi; dan Lab untuk kepentingan Riset tersedia dengan sarana dan prasana yang lengkap. Lebih dari itu, Fakultas Psikologi UMM juga memiliki unit-unit seperti BiroKonseling, Pusat Layanan Psikologi dan Pusat Konseling Trauma dimana mahasiswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk terlibat di dalamnya mengembangkan diri mengaplikasikan bidang ilmu sekaligus memberikan pelayanan dan melakukan pengabdian pada masyarakat dalam menyikapi masalah-masalah psikologis yang ada di masyarakat.

C. Perkembangan Jurusan Psikologi UMM

Dalam bidang pendidikan dan jurusan psikologi terdapat beberapa bidang peminatan yang bisa diambil atau ditempuh sesuai dengan pendalaman keilmuan yang ingin dikuasai. Terdapat lima bidang peminatan yang menjadi dasar bidang keilmuan dan jurusan psikologi, diantaranya adalah:

  1. Psikologi Industri dan Organisasi Dalam bidang keilmuan Psikologi Industri dan Organisasi, membahas tentang pengembangan manusia dan perilaku manusia dalam konteks industri organisasi, dan juga timbal balik antara individu dan organisasi tempatnya berkarya. 
  2. Psikologi Perkembangan Dalam bidang keilmuan Psikologi Perkembangan, membahas tentang perkembangan manusia sepanjang masa kehidupannya, meliputi perkembangan psikologis manusia, psikologi perkembangan anak, psikologi remaja, psikologi keluarga dan membuat rancangan teoritis intervensi untuk mengoptimalkan perkembangan individu dalam kehidupan masyarakat.   
  3. Psikologi Klinis Dalam bidang keilmuan Psikologi Klinis, membahas tentang proses analisis dan mendiagnosis gangguan perilaku yang terkait dengan aspek psikologis melalui berbagai pendekatan teori serta mengenal metode-metode intervensinya.
    Terdapat beberapa pertanyaan seputar bidang keilmuan psikologi dengan bidang keilmuan psikiater, bahwa terdapat berbedaan diantara keduanya. Dalam kajian psikologi terutama dalam psikologi klinis, penanganan gangguan psikis dilakukan dengan pendekatan psikologis yang melibatkan peran individu dalam melakukan proses terapi sebagai bentuk intervensi. Sedangkan dalam psikiater diperbolehkan melakukan penanganan melalui obat-obatan.
  4. Psikologi Pendidikan Dalam bidang keilmuan Psikologi Pendidikan, membahas tentang bagaimana gambaran individu dalam konteks dunia pendidikan, persoalan pendidikan, kesulitan belajar dan proses belajar berdarkan teori, konsep dan hasi-hasil penelitian dalam psikologi baik pada level individual maupun dalam kaitannya dengan sistem masyarakat pada khususnya dan sistem global pada umumnya.
  5. Psikologi Sosial  Dalam bidang kelimuan Psikologi Sosial, membahas tentang analisis dan membuat rancangan teoritis intervensi perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan sosialnya seperti gambaran manusia dalam konteks sosial dan kelompok.                                                                                                                                                      Sumber :  Siskarachm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar